Sabtu, 26 November 2016

Dunia Eksplorasi Mitu

Menjadi seorang ibu dengan anak-anak yang cerdas adalah dambaan bagi seluruh wanita. Mendidik suatu generasi adalah hal yang tidak mudah, namun sangatlah menentukan bagi kehidupan di negara ini. Bagaimana negara ini akan maju, bila tunas-tunas bangsa tidak dididik dengan benar? Ibu adalah sekolah pertama bagi setiap anak yang dilahirkan. Butuh pengorbanan dan kerja keras untuk Mendidik sang buah hati tercinta.

Hal itu pun berlaku bagi saya yang memiliki satu orang putri yang bernama Aina Alimatul Ulya. Kini usianya 10 bulan dan rasa ingin tahunya sangatlah tinggi. Baginya, semua yang dia lihat adalah hal baru yang patut dicoba. Tentu saya sebagai ibu dengan setia mendapingi buah hati saya dengan sepenuh hati. Diusianya yang kini memasuki tahap oral dalam dunia Psikologi atau dengan kata lain suatu tahapan yang akan dilalui oleh setiap anak dimana pada tahap ini anak akan mengenal benda melalui mulutnya. Inilah awal anak saya mengeksplorasi apapun yang ada disekitarnya dengan mulutnya. Apapun yang dia pegang pasti akan diseleksi oleh mulutnya yang mungil. Disinilah peran aktif orang tua, khususnya saya dalam mendampingi sang anak untuk lebih selektif dalam memilih benda yang aman disekitarnya.

Karena rasa ingin tahunya yang begitu tinggi, hal ini membuatnya tidak mudah,menyerah dalam melakukan aktivitas. Salah satu contohnya adalah ketika ada benda terjatuh dari genggamannya, dengan sigap anak saya akan mengambil benda tersebut walaupun benda itu cukup jauh jatuhnya. Walaupun jatuh hingga berkali-kali, dia tidak putus asa untuk mengambilnya kembali.

Disamping dia mengenal benda-benda disekitarnya dengan indera perasa, peraba dan penglihatan, dia pun akan semakin familier dengan benda-benda tersebut ketika ditemuinya di tempat lain. Karena daya ingat anak sangatlah kuat, jika diasah terus menerus. Apalagi jika lingkungan keluarga dan masyarakat turut mendukung pertumbuhan si kecil. Perkembangan yang baik adalah jika lingkungan pun baik. Hal ini akan mempengaruhi interaksi si kecil dengan dunia luar.

Manfaat eksplorasi bagi buah hati saya dan saya pribadi tentu sangatlah besar bagi perkembangannya kini dan nanti. Namun saya tidak perlu khawatir dengan itu semua, banyak produk yang menawarkan berbagai macam jenis kebutuhan untuk anak-anak. Namun saya percayakan hanya pada Mitu, terutama tissue basahnya. Selain aman bagi dompet, mitu juga praktis dibawa kemana-mana. Karena anak saya yang sering memegang benda-benda yang terkadang membuat tangannya kotor, dengan Mitu tissue basah tidak perlu repot untuk cuci tangan, hanya di lap di tangannya yang mungil. Apalagi jika bepergian jauh, hal ini membuat saya menjadi lebih ringan. Ataupun ketika putri saya memegang makanan seperti biscuit, tidak perlu repot, Mitu dengan setia menemani dan menjaga anak saya tetap bersih. Tanpa eksplorasi anak saya tidak dapat mengenal apa-apa. Terima kasih Mitu, yang selalu ada setiap saat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar